Partai Politik Menurut Para Ahli

Diposting pada

Bimbel.Co.Id Salam sejahtera bagi teman – teman online yang terkasih, kembali lagi di dalam web Bimbel.Co.Id yang akan membahas tentang Partai Politik.

Oke, mari kita simak penjelasannya secara terperinci di bawah ini.


Partai Politik Menurut Para Ahli


Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli


1. R. H. Soltou

Partai politik yakni sekelompok warga negara yang sedikit banyaknya terorganisir, yang bertindak sebagai satu kesatuan politik dengan memanfaatkan sebuah kekuasan untuk dapat memilih serta bertujuan menguasai pemerintah dan melaksanakan kebijakan umum mereka.


2. Miriam Budiardjo

Partai politik ialah sebuah kelompok yang terorganisir dengan para anggotanya memiliki orientasi, nilai-nilai, dan cita-cita yang sama dengan tujuan sebagai memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik (biasanya) dengan cara konstitusional untuk dapat melaksanakan berbagai kebijakan mereka.


3. Carl J. Friedrich

Partai politik yaitu serangkaian kelompok manusia yang terorganisir secara stabil dengan tujuan untuk dapat merebut atau mempertahankan penguasan pemerintah bagi pemimpin partainya, dan berdasarkan suatu penguasaan tersebut memberikan para anggota partainya kemanfaatan yang bersifat ideal maupun materil.


4. UU No. 31 Tahun 2002

Partai politik merupakan salah satu organisasi politik yang dibentuk warga negara Republik Indonesia secara sukarela atas dasar persamaan kehendak dan cita-cita, untuk dapat memperjuangkan kepentingan anggota, kepentingan masyarakat, bangsa dan negara melalui sebuah pemilihan umum.


5. Sigmund Neumann

Partai politik adalah beberapa organisasi yang dibentuk oleh para aktivis politik yang sangat berusaha menguasai sebuah kekuasan pemerintah serta merebut dukungan rakyat atas dasar persaingan melawan golongan lain yang tidak sejalan.

Baca Juga :  Budaya Politik

6. Sri Sumantri

Partai politik sebagai penggolongan organisasi dalam masyarakat yang didasarkan pada kesamaan kehendak dalam memperjuangkan visi-misi politik, sesuai dengan keinginan masyararakat dalam rangka penyempurnaan tata hidup di dalam masyarakat itu sendiri.


7. Wikipedia

Partai politik yaitu salah satu organisasi politik yang menjalani ideologi tertentu atau dibentuk dengan tujuan umum.


8. Mac Iver

Partai politik yakni sebuah perkumpulan yang terorganisasi untuk menyokong suatu prinsip atau juga kebijaksanaan politik yang diusahakan melalui berbagai cara yang sesuai dengan konstitusi atau UUD.


9. Max Weber

Partai politik ialah segala institusi yang dianggap penting dan sine qua non dalam sistem demokrasi modern.partai politik memainkan peran sentral dalam menjaga pluralisme ekspresi politik dan menjamin adanya partisipasi politik.


10. Ramlan Surbakti

Partai politik merupakan sekelompok anggota yang terorganisasikan secara rapi dan stabil yang dipersatukan dan dapat dimotivasikan dengan ideologi tertentu, dan yang berusaha untuk dapat mencari dan mempertahankan kekuasaan dalam sebuah emerintahan melalui pemilihan umum untuk dapat melaksanakan alternatif kebijakan umum yang mereka susun.


11. Ranney dan Kendal

Partai politik adalah sebuah grup atau sekelompok masyarakat yang memiliki tingkat otonomi tinggi untuk mencalonkan dan terlibat dalam pemilu dengan harapan mendapatkan serta menjalankan kontrol atas birokrasi dan kebijakan publik.


12. J. A. Corry dan Henry J. Abraham

Partai politik sebagai perkumpulan yang bermaksud untuk mengontrol jalannya roda pemerintahan dengan cara menempatkan para anggotanya pada jabatan-jabatan pemerintahan.


Demikianlah penjelasan mengenai √ 12 Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat para pembaca menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang efektif. Sekian dan terima kasih.

Baca Juga :  Pengertian Politik

Baca Juga Artikel :