Hukum Perdata Menurut Para Ahli

Pengertian Hukum Perdata Menurut Para Ahli

Bimbel.Co.Id Salam sejahtera bagi teman – teman online yang terkasih, kembali lagi di dalam web Bimbel.Co.Id yang akan membahas tentang Hukum Perdata.

Oke, mari kita simak penjelasannya secara terperinci di bawah ini.


Hukum Perdata Menurut Para Ahli


Pengertian Hukum Perdata Menurut Para Ahli


1. Prof. Subekti

Hukum perdata ialah suatu bagian dari hukum privat yang hanya mengatur kepentingan perseorangan saja, tidak menyangkut hubungannya dengan individu lainnya.


2. Prof. Soediman Kartohadiprodjo, S.H.

Hukum perdata yaitu salah satu hukum yang mengatur kepentingan perseorangan yang satu dengan perseorangan yang lainnya.


3. Prof. Sudikno Mertokusumo

Hukum perdata yakni seperangkat peraturan yang mengelola hubungan setiap perseorangan baik itu dalam lingkup keluarga maupun masyarakat.


4. Sri Sudewi Masjchoen Sofwan

Hukum perdata adalah sebuah hukum yang mengatur kepentingan warga negara perseorangan yang satu dengan perseorangan yang lainnya.


5. Ronald G. Salawane

Hukum perdata merupakan berbagai aturan yang mengatur orang atau badan hukum yang satu dengan orang atau badan hukum yang lain didalam masyarakat yang menitikberatkan kepada kepentingan perseorangan dan memberikan sanksi yang keras atas pelanggaran yang dilakukan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.


6. Asis Safioedin

Hukum perdata sebagai hukum yang memuat peraturan dan ketentuan hukum yang meliputi hubungan hukum antara orang yang satu dengan yang lain (antara subyek hukum satu dengan subyek hukum yang lain) di dalam masyarakat dengan menitikberatkan kepada kepentingan perseorangan.


7. Wirjono Prodjodikoro

Hukum perdata ialah beberapa rangkaian hukum antara orang-orang atau badan hukum satu sama lain tentang hak dan kewajiban.

Baca Juga :  Hukum Pidana

8. Prof H.R Sardjono, SH

Hukum perdata adalah segala kaidah yang menguasai setiap orang dalam masyarakat yang dalam hubungannya terhadap orang lain dan juga hukum yang pada dasarnya dapat menguasai kepentingan perseorangan.


9. Salim HS

Hukum perdata yaitu semua aturan hukum, baik yang tertulis ataupun tidak tertulis yang dapat mengatur suatu hubungan antara subjek hukum satu dengan yang lainnya dalam sebuah berhubungan kekeluargaan serta pergaulan bermasyarakat.


10. Mr. H.J. Hamaker

Hukum perdata yakni sebuah hukum yang umumnya berlaku, yakni hal yang memebuat peraturan-peraturan tentang tingkah laku orang-orang dalam masyarakat pada umumnya.


11. Van Dunne

Hukum perdata merupakan segala peraturan yang mengatur menegnai berbagai hal yang sangat esensial bagi kebebasan individu, seperti orang dan keluarganya, hak milik serta perikatan.


12. Volmar

Hukum perdata sebagai norma yang bisa memberikan pembatasan dan oleh karenanya juga dapat memberikan sebuah perlindungan pada kepentingan perorangan dalam perbandingan yang sangat tepat antara kepentingan yang satu dengan yang lain dari setiap orang di dalam suatu masyarakat tertentu terutama yang mengenai suatu hubungan keluarga dan hubungan lalu lintas.


Demikianlah penjelasan mengenai √ 12 Pengertian Hukum Perdata Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat para pembaca menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang efektif. Sekian dan terima kasih.


Baca Juga Artikel :