Teks Eksposisi

Teks Eksposisi

Bimbel.Co.Id Salam sejahtera bagi teman – teman online yang terkasih, kembali lagi di dalam web Bimbel.Co.Id yang akan membahas tentang Teks Eksposisi.

Oke, mari kita simak penjelasannya secara terperinci di bawah ini.


Teks Eksposisi


Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah salah satu paragraf atau esai yang dapat berisi dengan berbagai ilmu pengetahuan dan informasi yang di reproduksi secara padat, ringkas, dan akurat.


Ciri – Ciri Teks Eksposisi

  • Gaya informasi yang membujuk
  • Penyampaian teksnya secara lugas serta menggunakan bahasa yang dasar
  • Mengartikan informasi-informasi pengetahuan
  • Tidak berpihak artinya tidak mendesakkan kemauan dari sih pengarang akan pembacanya
  • Teks Eksposisi berkarakter objektif serta netral
  • Penjelasannya disertai data-data yang akurat
  • Fakta dipakai sebagai alat konkritasi dan kontribusi

Struktur Teks Eksposisi


1. Tesis

Tesis ialah salah satu bagian awal dari sebuah teks eksposisi. Bisa juga dikatakan pada bagian ini ialah suatu bagian pembuka dari teks eksposisi. Pada bagian ini, penulis menyampaikan pengenalan topik apa yang ingin dibahas.

Penjelasan ini biasanya cukup singkat karena memang hanya sebagai paragraf pengantar saja. Namun bagian tesis ini harus jelas, agar pembaca bisa paham duduk permasalahan yang akan dibahas di dalam teks.


2. Argumentasi

Argumentasi yaitu pendapat dari sang penulis yang dituangkan dalam bentuk paragraf dalam sebuah teks. Pendapat ini diungkapkan di lebih dari satu paragraf.

Dalam menyampaikan pendapatnya, penulis tidak boleh menyampaikan pendapat yang asal. Penulis harus memiliki bukti yang bisa mendukung argumentasinya tersebut.

Baca Juga :  Teks Prosedur

Tanpa adanya suatu bukti yang meyakinkan maka teks ini bukan jadi sebuah teks eksposisi yang bagus.


3. Penegasan Kembali

Pada bagian ini, para penulis memberi penekanan pada poin penting yang ingin disampaikan. Hal ini untuk memastikan jika para pembaca mengetahui apa yang disampaikan oleh sang penulis.

Penegasan ini sangat penting supaya teks eksposisi yang dapat dibuat benar-benar sesuai dengan strukturnya. Penegasan kembali ini juga dapat dikatakan sebagai kalimat kesimpulan pada teks.


Tujuan Teks Eksposisi

  • Memberikan informasi atau keterangan yang sejelas-jelasnya tentang objek, meskipun pembaca belum pernah mengalami atau mengamati sendiri, tanpa memaksa orang lain untuk menerima gagasan atau informasi.
  • Memberitahu, mengupas, menguraikan, dan menerangkan sesuatu.
  • Menyajikan fakta dan gagasan yang disusun sebaik-baiknya sehingga mudah dipahami oleh pembaca.
  • Untuk menjelaskan hakikat segala sesuatu, yang memberikan petunjuk dalam mencapai atau mengerjakan sesuatu, menguraikan proses, dan juga menerangkan pertalian antara satu hal dengan hal yang lainnya.

Fungsi Teks Eksposisi

  • Untuk dapat menyampaikan, mengungkapkan, menerangkan atau juga menguraikan suatu gagasan berupa berbagai pokok pemikiran mengenai sebuah topik yang bersifat non-fiksi dengan dasar argumentasi yang sangat kuat.

Jenis – Jenis Teks Eksposisi

  • Berita ialah sebuah jenis teks yang isinya menyampaikan informasi suatu peristiwa atau kejadi. Jenis teks seperti ini juga banyak ditemukan dalam surat kabar atau koran.
  • Ilustrasi yaitu suatu jenis teks yang digunakan untuk menggambarkan secara sederhana atau bentuk konkret suatu ide atau gagasan. Jenis teks ilustrasi ini biasanya menggunakan frasa penghubung dalam mendeskripsikan segala sesuatu kepada pembaca.
  • Perbandingan merupakan segala jenis teks yang dipakai untuk menjelaskan suatu pokok bahasan dengan memakai metode perbandingan.
  • Proses adalah semua jenis teks yang isinya menjelaskan tentang tata cara atau panduan untuk melakukan sesuatu.
  • Definisi yakni salah satu jenis teks yang isinya menjelaskan tentang pengertian dari suatu objek tertentu.
  • Pertentangan ialah suatu jenis teks yang berisi pertentangan antara suatu objek dengan objek lainnya. Biasanya teks ini akan memakai kata frasa penghubung, contohnya akan tetapi, meskipun begitu, sebaliknya, dan lain sebagainya.
  • Teks Analisis yaitu sebuah teks yang isinya menjelaskan tentang proses analisis suatu pokok bahasan yang dipisahkan menjadi beberapa sub-bagian untuk kemudian dikembangkan secara berurutan.
  • Laporan yakni salah satu paragraf eksposisi yang mengemukakan laporan dari sebuah peristiwa atau penelitian tertentu.
Baca Juga :  Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli

Kaidah Bahasa Teks Eksposisi

  • Konjungsi yaitu sebuah bentuk kata penghubung yang sering dipakai dalam teks eksposisi. Kata penghubung yang digunakan pada jenis teks ini ada banyak sekali, yang digunakan untuk menunjukkan waktu, perbandingan, penjelasan, gabungan, dan lainnya. Misalnya kata “lalu”, “setelah” untuk kata penghubung waktu.
  • Leksikal yakni suatu jenis kata yang menunjukkan kata kerja, kata sifat, kata benda, dan kata keterangan.
  • Pronomina merupakan salah satu bentuk kata ganti pada suatu teks.

Contoh Teks Eksposisi


Proses Mudah Membuat Teh Manis


Tesis

Teh manis adalah salah satu minuman yang terbuat dari rempah – rempah yang diseduh dengan teh panas dan di beri gula. Rasanya yang sangat khas rempah daun teh yang disajikan saat hangat akan merubah prasaan kita saat meminumnya.

Jika kamu lagi bete berat, butlah teh manis hangat sekarang dengan cara sebagai berikut ini :

  • Siapkan beberapa bahan 1 buah teh celup, 2 sendok teh gula, dan air panas secukupnya. Jangan lupa, sediakan juga beberapa alat seperti sendok teh dan juga cangkir.
  • Masukkanlah air panas secukupnya ke dalam cangkir, dan setelah itu masukkan teh celup ke dalamnya. Tunggulah hingga air panas berwarna cokelat kemerahan.
  • Setelah air berwarna cokelat kemerahan, barulah masukkan dua sendok makan gula putih ke dalam air tersebut. Aduk hingga gula tersebut bercampur dengan air dan air teh pun menjadi terasa lebih manis.
  • Teh manis panas pun siap untuk disajikan. Jika tidak menyukai gula pasir, pemanis teh bisa juga digantikan dengan pemanis lain seperti madu ataupun gula merah yang telah dibubukkan.

Argumentasi

Tidak salah jika kamu memilih untuk meminum teh hangat disaat kamu sedih, capek, pusing, dan sakit. Karna dengan meminumnya perasaanmu akan berubah menjadi lebih membaik. Saya sering merasakan yang demikian.

Baca Juga :  Teks Anekdot

Tidak heran jika minuman teh disuka banyak orang dari kalangan tua sampai yang muda, jari jaman dahulu sampai sekarang.

Karena benar kombinasi rasa, aroma, dan manisnya juga yang sudah disajikan saat hangat atau dingin pun akan memberikan sebuah kesan tersendiri bagi yang meminumnya.

Selain itu, cara membuatnya pun mudah dan hal itu juga yang menjadikan minuman teh menjadi minuman yang merakyat diseluruh kalangan.


Penegasan Ulang

Kita telah memahami secara mendasar kemudahan suatu proses membuat teh yang sangat singkat yang dapat kita lakukan dengan waktu yang cepat.

Oleh karena itu, jika ada teman, saudara, keluarga, yang sedang sedih, cukup berikan teh hangat manis agar prasaannya menjadi lebih baik dan kamu akan mendapat pahala.


Demikianlah penjelasan mengenai √ Teks Eksposisi : Pengertian, Ciri, Struktur, Fungsi, Tujuan, Jenis, Kaidah Bahasa & Contoh Terlengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat para pembaca menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang efektif. Sekian dan terima kasih.


Baca Juga Artikel :