Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Bimbel.Co.Id Salam sejahtera bagi teman – teman online yang terkasih, kembali lagi di dalam web Bimbel.Co.Id yang akan membahas tentang Akuntansi.


Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli


Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli


1. Hery S.E

Akuntansi yaitu suatu sistem informasi yang memberikan laporan kepada para pengguna informasi akuntansi atau pihak-pihak yang mempunyai kepentingan atau stakeholders terhadap hasil kinerja dan kondisi keuangan perusahaan.


2. (AICPA) American Institute of Certified Public Accounts

Akuntansi yakni sebuah seni perekaman, peringkasan dan pengklasifikasian transaksi keuangan dengan cara tertentu dan menggunakan satuan uang sebagai alat ukur, serta menafsirkan hasil.


3. Syaiful Bahri

Akuntansi ialah beberapa seni pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran dan pelaporan atas suatu transaksi dengan cara sedemikian rupa, sistematis dari segi isi dan berdasarkan standar yang diakui umum.


4. George A. Mac

Akuntansi adalah berbagai seni pencatatan, pengklasifikasian, penyajian serta interpretasi sistematis informasi keuangan perusahaan atau individu.


5. (AAA) American Accounting Association

Akuntansi merupakan salah satu proses mengenali, mengukur dan mengkomunikasikan informasi ekonomi, untuk bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan yang tepat oleh pengguna informasi akuntansi.


6. Arnold

Akuntansi sebagai sistem untuk memberikan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.


7. Accounting Principle Board (APB) Statement No. 4

Akuntansi yakni semua kegiatan jasa yang fadalah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang memiliki sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilihan-pilihan yang logis di antara berbagai tindakan alternatif.


8. C. West Churman

Baca Juga :  Siklus Akuntansi

Akuntansi yaitu sebuah pengalaman tertulis yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.


9. Warren dkk

Akuntansi ialah salah satu sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.


10. Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison

Akuntansi adalah segala sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi sebuah laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.


11. Rudianto

Akuntansi merupakan sebuah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.


12. Suparwoto L

Akuntansi sebagai sistem untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan.


13. M. Gede

Akuntansi adalah suatu ilmu terapan dan seni pencatatan menurut aturan dan sistem yang berlaku, yang dilakukan secara terus-menerus.


14. Littleton

Akuntansi merupakan beberapa perhitungan komparasi atau perbandingan antara biaya yang dikeluarkan dengan pencapaian hasil yang merupakan sebuah prestasi atas usaha yang telah dilakukan.


15. Soemarso S.R.

Akuntansi ialah berbagai proses untuk mengukur, mengidentifikasi, dan mengumpulkan data untuk dijadikan laporan informasi ekonomi, yang akan ditindaklanjuti untuk memberikan penilaian dan sebagai dasar pengambilan keputusan pihak terkait yang membutuhkan data atau informasi tersebut.


16. Sofyan Harahap

Akuntansi yaitu semua proses pengidentifikasian, alat ukur, dan alat untuk menyampaikan data ekonomi (keuangan) sebagai bahan pertimbangan dan alternatif untuk mengambil keputusan yang digunakan oleh para pelaku ekonomi.


17. Ismail

Akuntansi yakni sebuah seni pencatatan, pengelompokkan, dan pengumpulan data yang hasilnya digunakan sebagai laporan aktivitas keuangan suatu lembaga atau perusahaan.

Baca Juga :  Pengertian Akuntansi

18. Kohler’s Dictionary

Akuntansi sebagai salah satu seni pencatatan dari proses transaksi keuangan.


19. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Akuntansi merupakan semua teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya.


20. Wilopo

Akuntansi adalah beberapa proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.


Demikianlah penjelasan mengenai √ 20 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat para pembaca menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang efektif. Sekian dan terima kasih.


Baca Juga Artikel :