Pengertian Jasa, Fungsi, Karakteristik & Jenis Terlengkap 2023

Pengertian Jasa, Fungsi, Karakteristik & Jenis Terlengkap 2023 – Salam sejahtera bagi teman – teman online yang terkasih, kembali lagi di dalam web Bimbel.Co.Id yang akan membahas tentang Pengertian Jasa.

Oke, mari kita simak penjelasannya secara terperinci di bawah ini.

 

Pengertian Jasa, Fungsi, Karakteristik & Jenis Terlengkap 2023

 

Pengertian Jasa

Pengertian Jasa adalah suatu kegiatan atau tindakan yang tidak berwujud, tidak dapat disentuh, tetapi dapat diidentifikasi, direncanakan dan dilakukan untuk memenuhi permintaan serta kepuasan pelanggan. Arti lain dari jasa adalah kegiatan ekonomi yang melibatkan berbagai interaksi dengan konsumen atau dengan properti yang berbeda, tetapi tidak melibatkan perpindahan kepemilikan.

Dalam pemberian jasa, Anda dapat menggunakan atau memanfaatkan barang-barang material. Meskipun produksi jasa membutuhkan barang material, tidak ada perpindahan kepemilikan barang.

 

Pengertian Jasa Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa itu layanan, kami dapat mengambil pendapat dari para ahli berikut:

  • Menurut Christian Gronross

Jasa adalah suatu proses yang terdiri dari serangkaian aktivitas tidak berwujud yang biasanya terjadi dalam interaksi antara pelanggan dan karyawan layanan dan/atau sumber daya fisik atau sistem penyedia barang dan/atau layanan yang disediakan sebagai solusi atas masalah pelanggan.

  • Menurut Phillip Kotler

Jasa adalah setiap tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan perpindahan kepemilikan. Produksi mungkin atau mungkin tidak terkait dengan produk fisik.

  • Menurut Adrian Payne

Jasa adalah kegiatan ekonomi yang terdiri dari sejumlah elemen tidak berwujud (nilai atau manfaat) terkait yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan properti, tetapi tidak mengakibatkan perpindahan kepemilikan.

  • Menurut Djaslim Saladin

Adalah setiap kegiatan atau manfaat yang di tawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun.

  • Menurut Zeithaml dan Bitner

Jasa adalah kegiatan ekonomi dengan output yang berbeda dari produk, yang di konsumsi dan di produksi pada saat yang sama dan yang menawarkan nilai tambah dan tidak berwujud kepada pembeli.

 

Ciri – Ciri Jasa

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri jasa, yakni :

  • Jasa tidak menmyebabkan peralihan kepemilikan.
  • Interaksi antara penyedia jasa dan pengguna jasa.
  • Sesuatu yang terlihat atau tidak berwujud, tetapi memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Dalam proses produksi jasa, Anda mungkin atau mungkin tidak menggunakan bantuan produk fisik.

 

Jenis-Jenis Jasa

Pada dasarnya ada banyak jenis layanan yang ada di tengah-tengah kita. Namun secara garis besar jenis layanan tersebut dapat di bedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Jasa Komunikasi, beberapa hal yang termasuk dalam jenis layanan ini adalah telepon, internet, telegram, komputer, dll.
  2. Jasa Perumahan, beberapa hal yang termasuk dalam jenis ini adalah apartemen, rumah tinggal, kamar hotel, wisma, dll.
  3. Asuransi, Bank dan Finansial, beberapa hal yang mencakup jenis jasa ini adalah asuransi, perbankan, kredit, perpajakan, dll.
  4. Jasa Perawatan Pribadi, beberapa hal yang termasuk dalam jenis jasa ini adalah pijat, perawatan kecantikan, salon binatu pakaian, dll.
  5. Jasa Bisnis dan Profesi lainnya, beberapa hal yang termasuk dalam jenis jasa ini adalah jasa akuntan, jasa hukum, jasa pemasaran, dll.
  6. Jasa Usaha Rumah Tangga, beberapa hal yang termasuk dalam jenis jasa ini adalah jasa perbaikan rumah, tukang kebun, air minum, dll.
  7. Jasa Transportasi, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini adalah taxi, pengiriman barang, angkut barang, dan sewa mobil. dan Hiburan, beberapa hal yang masuk dalam jenis jasa ini adalah tempat wisata, taman bunga, tempat hiburan, kebun binatang, dll.

 

Karakteristik Jasa

Adapun karakteristik jasa diantaranya yaitu:

  • Tidak Berwujud (Intangibility)

Jasa bersifat abstrak dan tidak berwujud, jasa tidak dapat dilihat, disentuh, didengar atau dirasakan sampai jasa berikut telah diterima.

  • Tidak Dapat Dipisahkan (Insenparability)

Biasanya, layanan diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan dengan partisipasi pelanggan.

  • Bervariasi (Variability)

jas tidak standar dan sangat bervariasi. Berbeda dengan standar kualitas fisik produk, kualitas jas tergantung pada siapa, kapan, di mana, dan bagaimana jasa di berikan. Inilah sebabnya mengapa layanan di gambarkan beragam.

  • Tidak Dapat Di simpan (Pershability)

Jasa tidak dapat di simpan sebagai inventaris. Nilai jasa hanya tersedia jika layanan berikut di buat dan di terima segera oleh penerima. Sifat-sifat ini tidak dapat dibandingkan dengan barang-barang material yang dapat dibuat, disimpan, dan digunakan kemudian.

 

Dimensi Kualitas Jasa

  • Kehandalan (Reliability)

Artinya, kemampuan perusahaan untuk secara akurat dan andal memberikan layanan yang dijanjikan. Pelayanan harus memenuhi harapan pelanggan yaitu ketepatan waktu, pelayanan yang sama untuk semua pelanggan tanpa kesalahan, sikap manusiawi dan dengan tingkat ketelitian yang tinggi.

  • Jaminan (Assurance)

Yaitu, pengetahuan, kesopanan dan kemampuan karyawan perusahaan untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan. Terdiri dari beberapa unsur antara lain komunikasi, kredibilitas, keamanan, kompetensi dan kesopanan.

  • Bukti langsung (Tangible)

Yaitu kemampuan suatu perusahaan untuk menunjukkan eksistensinya kepada dunia luar. Penampilan dan kinerja sarana dan prasarana fisik perusahaan, serta kondisi lingkungan sekitar merupakan bukti nyata atas pelayanan yang di berikan oleh penyedia jasa. Ini termasuk fasilitas fisik (gedung, gudang, dll), peralatan dan peralatan (teknologi) yang di gunakan dan penampilan karyawan.

  • Empati (Empathy)

Ini berarti memberikan perhatian yang tulus dan individual atau pribadi kepada pelanggan yang mencoba mencari tahu apa yang di inginkan konsumen. Sebuah bisnis di harapkan untuk memahami dan mengenal pelanggan, memahami kebutuhan pelanggan tertentu, dan memiliki ketersediaan yang nyaman bagi pelanggan.

  • Daya tanggap (Responsiveness)

Yaitu kesediaan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada pelanggan dengan informasi yang jelas. Membuat konsumen menunggu tanpa alasan yang jelas menyebabkan persepsi negatif terhadap kualitas layanan.

 

Contoh Jasa

Ada banyak contoh jasa yang banyak di gunakan oleh masyarakat. Contoh layanan jasa adalah sebagai berikut:

  • Jasa pariwisata
  • Jasa fotocopy
  • Jasa fotografi
  • Jasa penginapan
  • Jasa potong rambut
  • Jasa penerjemah
  • Jasa penulis artikel
  • Jasa pemasaran online
  • Jasa penyewaan mobil
  • Jasa desain interior
  • Jasa renovasi rumah
  • Jasa pengiriman barang
  • Jasa bengkel kendaraan
  • Jasa wedding organizer
  • Jasa perawatan AC
  • Jasa cuci kendaraan (mobil/ motor)
  • Jasa perawatan dan perbaikan komputer
  • Jasa transportasi (barang/ penumpang)
  • Jasa kebersihan (cleaning service)
  • Dan lain-lain

 

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Jasa, Fungsi, Karakteristik & Jenis Terlengkap 2023. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat para pembaca menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang efektif. Sekian dan terima kasih.

 

Baca Artikel Lainnya :