Politik Menurut Para Ahli

Pengertian Politik Menurut Para Ahli

Bimbel.Co.Id Salam sejahtera bagi teman – teman online yang terkasih, kembali lagi di dalam web Bimbel.Co.Id yang akan membahas tentang Politik.

Oke, mari kita simak penjelasannya secara terperinci di bawah ini.


Politik Menurut Para Ahli


Pengertian Politik Menurut Para Ahli


1. Rofer F. Soltau

Politik yaitu sebuah ilmu yang mempelajari tentang negara, tujuan dari negara tersebut, berikut lembaga negara yang akan melaksanakan tujuan yang telah ditetapkan sekaligus hubungan antara negara dengan warga negaranya dan hubungan antara negara satu dengan negara yang lainnya.


2. Ramlan Surbakti

Politik yakni salah satu proses interaksi dalam tataran pemerintah maupun masyarakat untuk menentukan sebuah kebaikan bersama bagi masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.


3. Andrew Heywood

Politik ialah beberapa kegiatan bangsa yang bertujuan untuk dapat mempertahankan, membuat serta mengamandemen segala macam peraturan yang bersifat umum guna untuk bisa mengatur kehidupannya.


4. Maurice Duverger

Politik merupakan berbagai kekuasaan, kekuatan seluruh jaringan lembaga-lembaga (institusi) yang mempunyai kaitan dengan otoritas, dalam hal ini suasana didominasi beberapa orang atas orang lain.


5. Hans Kelsen

Politik adalah

  • Politik sebagai etik, berkenaan dengan tujuan manusia atau individu agar tetap hidup secara sempurna.
  • Politik sebagai teknik, berkenaan dengan cara (metode) manusia atau individu untuk mencapai tujuan.

6. Max Weber

Politik sebagai sebuah sarana perjuangan untuk saling melaksanakan politik untuk bisa mempengaruhi pendistribusian dari kekuasaan baik di antara berbagai negara atau juga diantara hukum dalam sebuah negara.


7. Miriam Budiardjo

Baca Juga :  Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli

Politik yaitu segala kegiatan dari suatu sistem politik (Negara) yang menyangkut proses menentukan tujuan-tujuan dari sistem indonesia dan melaksanakan tujuan-tujuan tersebut.


8. Kartini Kartolo

Politik yakni semua kegiatan perilaku atau proses yang menggunakan kekuasaan untuk menegakkan peraturan-peraturan dan keputusan-keputusan yang sah berlaku di tengah masyarakat.


9. Sri Sumantri

Politik ialah suatu pelembagaan dari sebuah hubungan antara manusia yang dilembagakan dalam beberapa badan politik, baik suprastruktur politik atau juga infrastruktur politik.


10. Carl Schmidt

Politik merupakan sebuah dunia yang didalamnya orang-orang lebih membuat keputusan-keputusan dari pada lembaga-lembaga abstrak.


11. Joyce Mitchell

Politik adalah segala pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijakan umum untuk masyarakat secara keseluruhan.


12. Wilbur White

Politik sebagai ilmu yang mempelajari asal mula, bentuk-bentuk dan proses-proses Negara dan pemerintah.


13. Rod Hague

Politik yaitu sebuah kegiatan yang akan menyangkut cara bagaimana suatu kelompok mencapai berbagai keputusan yang memiliki sifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk dapat mendamaikan berbagai perbedaan diantara semua anggotanya.


14. Cheppy H.Cahyono

Politik yakni segala macam kegiatan dalam system politik atau Negara yang menyangkut proses menentukan dan sekaligus melaksanakan tujuan-tujuan sistem tersebut.


15. Gabriel A. Almond

Politik ialah salah satu kegiatan yang berhubungan dengan kendali pembuatan keputusan publik dalam masyarakat tertentu di wilayah tertentu, di mana kendali ini disokong lewat instrumen yang sifatnya otoritatif (berwenang secara sah) dan koersif (bersifat memaksa).


16. Ossip K. Flechteim

Politik adalah semua ilmu sosial yang secara khusus mempelajari sifat dan tujuan dari negara ke negara dalam suatu organisasi kekuasaan \lain yang tidak resmi yang juga dapat mempengaruhi sebuah negara.


17. Adolf Grabowsky

Baca Juga :  Partai Politik

Politik merupakan salah satu hal untuk menyelidiki Negara dalam keadaan bergerak.


18. Seely dan Stephen Leacock

Politik sebagai salah satu ilmu yang serasi dalam menangani pemerintahan.


19. Aristoteles

Politik yaitu berbagai usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama.


20. Franz Magnis Suseno

Politik yakni semua kegiatan manusia yang berorientasi kepada masyarakat secara keseluruhan atau yang berorientasi kepada negara.


21. Ibnu Aqil

Politik ialah segala sesuatu hal praktis yang jauh lebih mendekati kebaikan bagi manusia dan juga lebih jauh dari kerusakan meskipun tidak digariskan oleh Rasulullah SAW.


22. Litre

Politik merupakan salah satu ilmu yang memerintah dan mengatur negara.


23. F. Isjwara

Politik adalah sebuah perjuangan untuk mendapatkan kekuasaan atau sebagai teknik menjalan kekuasaan-kekuasaan.


24. Paul Janet

Politik sebagai ilmu yang mengatur perkembangan Negara dan juga prinsip-prinsip pemerintahan.


25. Harold Laswell

Politik yaitu segala ilmu yang mempelajari tentang pembentukan dan pembagian kekuasaan.


26. W.A Robson

Politik yakni beberapa ilmu yang mempelajari tentang kekuasaan dalam masyarakat, yakni sifat hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasil.


27. Robert

Politik merupakan berbagai seni dalam memerintah dan mengatur masyarakat manusia.


Demikianlah penjelasan mengenai √ 27 Pengertian Politik Menurut Para Ahli. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat para pembaca menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang efektif. Sekian dan terima kasih.


Baca Juga Artikel :