Manajemen Bisnis : Pengertian, Fungsi & Contohnya

Bimbel.Co.IdSalam sejahtera bagi teman – teman online yang terkasih, kembali lagi di dalam web Bimbel.Co.Id yang akan membahas tentang Manajemen Bisnis. Apakah sebelumnya kalian sudah mendengar istilah Manajemen Bisnis?

Jika belum, jangan khawatir kami akan memberikan artikel secara lengkap mengenai Manajemen Bisnis. Simak Penjelasannya di bawah ini.

 

Manajemen Bisnis

 

Pengertian Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis yaitu kegiatan merencanakan, mengerjakan, dan mengawasi suatu bisnis atau usaha. Tujuan dari aktivitas ini agar tujuan usaha bisa tercapai. Manajemen ini juga bisa diartikan segala usaha yang dilakukan sesuai dengan rencana semata untuk mencapai target penjualan.

Artinya tanpa adanya proses manajemen tidak mungkin keuntungan penjualan bisa didapatkan. Manajemen pada usaha mengalokasikan segala kebutuhan secara menyeluruh untuk berbagai hal.

Di dalam keempat aktifitas inilah jalur progresivitas bisnis bisa di tentukan bergerak cepat atau melambat. Jika melihat dari pengertian di atas tentu manajemen ini merupakan unsur terpenting yang menjadikan bisnis berkembang atau sebaliknya.

 

 

Komponen-Komponen Manajemen Bisnis

Komponen-komponen manajemen bisnis maksudnya adalah unsur-unsur yang harus di jalankan dengan sistem manajemen. Semuanya memiliki fungsi-fungsi yang berbeda.

Ini dia komponen manajemen bisnis yang dimaksud, diantaranya :

  • Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah manajemen yang mengatur tentang pengaturan anggaran di perusahaan. Diharapkan dengan manajemen ini uang yang telah di keluarkan bisa di gunakan dengan efektif dan efisien.

 

  • Manajemen Marketing

Manajemen marketing adalah komponen manajemen bisnis yang berupa kegiatan perencanaan, tindakan dan pengawasan terkait pemasaran produk. Sedangkan tujuannya adalah supaya promosi produk yang di lakukan benar-benar disukai oleh pelanggan.

 

  • Manajemen Produksi

Manajemen produksi adalah pengaturan terjadinya proses pembuatan produk di perusahaan. Ini terkait dengan keberfungsian mesin produksi, operator produksi dan peracikan bahan baku yang di gunakan.

 

  • Manajemen Distribusi

Manajemen distribusi adalah kegiatan manajemen untuk memastikan cara distribusi produk tepat. Maksudnya barang yang sampai ke tangan produk tidak cacat serta bisa sampai dengan cepat.

 

  • Manajemen SDM

Manajemen sumber daya manusia maksudnya adalah kegiatan manajemen yang mengatur tentang para pekerja. Termasuk kedisiplinan serta pengaturan bidang kerja mereka.

 

 

Fungsi Manajemen Bisnis

Setelah sebelumnya membahas tentang pengertiannya, berikut ini adalah berupa penjelasan fungsi dari manajemen yang di aplikasikan pada usaha.

Anda akan paham betapa pentingnya mempelajari manajemen ini setelah mengenal fungsi-fungsinya, di antaranya :

  • Planning

Fungsi pertama adalah planning, sebelum membangun sebuah usaha tentunya di butuhkan perencanaan usaha seperti, pemasaran, promosi produk, produk yang dijual, pembukuan keuangan dan dokumentasi arsip, dan lainnya. Planning ini harus di dokumentasikan dengan baik karena akan jadi patokan aktivitas usaha nantinya.

 

  • Organizing

Organizing erat kaitannya dengan sumber daya manusia yaitu pekerja. Setelah planning di buat, langkah selanjutnya adalah membuat kelompok kerja. Kelompok kerja ini berisi orang-orang yang di beri tugas dengan porsi sama.

Seperti misalnya tim administrasi, pemasaran, lapangan, dan lainnya. Proses penilaian hasil kerja juga jadi mudah. Pemimpin akan mudah menilai apakah pekerjanya telah bekerja sesuai keahliannya atau tidak.

 

  • Staffing

Staffing mencakup seluruh sumber daya yang di miliki perusahaan seperti, mesin, bahan baku, sarana pendukung, dan lainnya. Sumber daya harus di atur dalam penggunaannya dan di sesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Hal hanya bisa dilakukan apabila perusahaan memakai manajemen yang baik. Hal seperti ini yang sering mengakibatkan keuangan perusahaan jadi merugi. Akhirnya, bisnis yang ada pun terancam bangkrut.

 

  • Directing

Fungsi keempat adalah directing yang erat kaitannya dengan pengarahan. Di sini tindakan pimpinan memegang posisi penting sebagai penyemangat tim agar bekerja sesuai perencanaan.

Bukan hal yang aneh apabila di tengah jalannya perencanaan semangat pekerja malah turun. Apabila hal ini terjadi maka pimpinan harus segera turun untuk memberikan pemahaman dan pengarahan.

 

  • Controlling

Controlling merupakan pengawasan apakah sistem kerja telah di laksanakan dengan sesuai atau tidak.

Dengan controlling akan terlihat poin-poin penting yang harus di evaluasi dan di catat. Sekaligus juga dapat terlihat hambatan-hambatan yang ada. Controlling tidak harus di lakukan langsung oleh pimpinan, tapi bisa juga oleh ketua tim.

 

 

Manfaat Manajemen Bisnis

Penerapan manajemen dalam bisnis dapat memberikan berbagai manfaat.Berikut ini 8 (delapan) manfaat utama yang akan Anda rasakan setelah mengenal dan mengaplikasikan manajemen dalam bisnis, di antaranya:

  • Membantu dalam menyusun target kerja

Selain dapat membantu dalam menyusun strategi bisnis, manajemen bisnis juga dapat membantu dalam menyusun target kerja. Maksud dari target kerja ini berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang akan di jalankan beserta prioritas kegiatan bisnis.

Sehingga ketika pelaku bisnis menerapkan atau memiliki manajemen bisnis dengan baik, maka segala proses atau kegiatan yang ada akan terselesaikan dengan tepat waktu dan sesuai dengan target.

 

  • Membantu dalam mempertahankan bisnis

Manajemen bisnis yang baik secara langsung akan mampu mempertahankan bisnis. Seperti yang kita ketahui, saat ini dunia bisnis memiliki persaingan ketat yang membuat pelaku bisnis perlu melakukan strategi khusus untuk mengatasi hal tersebut.

Salah satu cara untuk mempertahankan bisnis dapat dengan menerapkan atau memiliki manajemen bisnis yang baik.

 

  • Membantu dalam mengalokasikan sumber daya dan waktu

Manajemen memang sering terkait bagaimana mengatur berbagai hal seperti mengatur sumber daya dan waktu.

Untuk itu ketika seorang pelaku bisnis memiliki manajemen bisnis yang baik maka juga akan membawa dampak pada cara alokasi sumber daya dan waktu dengan baik pula.

Sehingga kegiatan-kegiatan bisnis yang akan di jalankan ataupun yang telah di rencanakan dapat berjalan efektif dan efisien.

 

  • Membantu meningkatkan kesadaran tentang adanya ancaman

Sebagai pelaku bisnis harus mampu berpikir banyak hal termasuk ancaman atau risiko yang akan di hadapi dan solusi yang akan di jalankan. Di mana untuk mengatasi hal tersebut dapat dengan cara menerapkan manajemen bisnis dengan baik.

Sehingga ketika adanya ancaman-ancaman terhadap bisnis yang di jalankan maka pelaku bisnis tidak perlu khawatir karena telah menyiapkan solusi atau rencana lain.

 

  • Membantu meningkatkan kinerja dalam berbisnis

Salah satu manfaat dari manajemen bisnis adalah membantu meningkatkan kinerja dalam berbisnis. Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, manajemen bisnis mampu memberikan berbagai dampak positif sehingga secara langsung akan mampu meningkatkan kinerja dalam berbisnis.

Dengan kondisi tersebut maka juga akan membantu mengembangkan bisnis yang di jalankan untuk mencapai kesuksesan.

 

  • Membantu dalam menyusun strategi bisnis

Strategi bisnis ini penting untuk menjalankan bisnis ke depannya. Di mana hal ini berguna untuk mengatasi atau meminimalisir terjadinya permasalahan-permasalahan yang terjadi. Sebagai contoh, menyusun strategi untuk melakukan pemasaran barang atau jasa dengan baik.

Dengan hal tersebut maka pelaku bisnis dapat menemukan sebuah solusi dari masalah tersebut dan cara pencegahan agar bisnis yang di jalankan tidak mengalami kemunduran atau kerugian karena dampak dari strategi yang kurang tepat.

 

  • Membantu dalam menarik perhatian konsumen

Konsumen bukan hanya dapat tertarik dengan kualitas barang atau jasa yang di tawarkan tetapi juga dapat tertarik karena manajemen bisnis yang baik.

Hal tersebut di karenakan konsumen juga mampu merasakan baik tidaknya manajemen pada suatu bisnis.

Mengingat ketika suatu bisnis memiliki manajemen yang baik akan berdampak juga dengan strategi yang di jalankan, seperti misalnya pemasaran. Pada saat melakukan pemasaran maka pelaku bisnis akan berkaitan dengan konsumen.

Jika mampu memberikan pelayanan atau melakukan pemasaran dengan baik maka hal ini dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang di tawarkan.

 

  • Membantu menciptakan perilaku bisnis positif

Dalam hal menciptakan perilaku bisnis yang positif karena dampak dari manajemen bisnis yang baik ini memiliki beberapa dampak, seperti misalnya:

1. Membantu dalam mengintegrasikan perilaku pelaku bisnis pada suatu organisasi atau kelompok
2. Mendorong pelaku bisnis untuk berpikir pada masa depan
3. Menjadikan pelaku bisnis menjadi kooperatif
4. Meningkatkan kedisiplinan dan formalitas pada manajemen bisnis
5. Maka tidak heran jika manajemen bisnis ini memiliki dampak yang besar untuk kesuksesan bisnis yang di jalankan.

 

 

Unsur-Unsur Manajemen Bisnis

Dalam manajemen bisnis, ada beberapa unsur yang dapat mempengaruhi sukses tidaknya suatu usaha di mana unsur-unsur ini saling berkaitan dan tidak bisa di pisahkan satu dengan yang lainnya.

Unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut :

 

  • Manusia

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa manusia merupakan unsur paling penting dalam manajemen bisnis. Hal ini karena hanya manusia lah yang mampu merencanakan dan menentukan tujuan suatu perusahaan.

Hanya manusia juga yang mampu mengontrol unsur-unsur yang lain untuk memastikan tujuan perusahaan dapat tercapai.

 

  • Uang

Tidak dapat di pungkiri perusahaan dibangun menggunakan modal yang berupa uang yang mana tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan keuntungan yang dapat di gunakan untuk membiayai seluruh operasional perusahaan sehari-hari. Dengan uang inilah suatu perusahaan bisa di ukur tingkat keberhasilannya.

 

  • Bahan

Unsur manajemen selanjutnya adalah bahan baku atau material yang Anda butuhkan untuk menghasilkan produk tertentu yang siap di pasarkan.

Tanpa adanya bahan baku yang tersedia tentu Anda akan kesulitan menghasilkan suatu produk yang mana bisa menghambat laju sebuah perusahaan.

 

  • Mesin

Setelah Anda memiliki stok bahan baku yang cukup tentu Anda membutuhkan mesin untuk mengubah bahan baku tersebut menjadi produk yang siap jual. Tanpa memiliki mesin yang mumpuni maka proses produksi pasti terhambat.

Mesin-mesin tersebut tidak melulu berupa mesin pabrik, tapi juga bisa berupa mesin ringan seperti komputer, printer dan mesin fotokopi yang fungsinya sangat penting untuk perusahaan Anda.

 

  • Metode

Kemudian ada metode yaitu cara yang dapat membantu Anda menjalankan semua proses manajemen secara efektif dan efisien. Jadi perlu dipilih metode yang baik untuk di terapkan dalam perusahaan sehingga SDM (karyawan) dapat bekerja berdampingan dengan harmonis.

 

  • Pasar

Unsur manajemen bisnis yang terakhir adalah pasar. Maksudnya adalah sebagus apapun produk atau jasa yang akan Anda jual, tidak akan laku jika tidak ada permintaan pasar atas produk tersebut.

Jika tidak ada permintaan bisa jadi proses produksi akan berhenti begitu juga dengan perusahaanya. Oleh karenanya perlu di lakukan proses pemasaran semisal dengan melakukan promosi untuk menarik perhatian calon pembeli potensial.

 

Contoh Penerapan Manajemen Bisnis yang Baik

  • Manajemen bisnis bisa berjalan dengan baik kalau beberapa poin di bawah ini di terapkan, bahkan sebelum usaha mulai di buat.
  • Melakukan pemasaran yang tepat. Pemasaran bisa di lakukan ke media sosial atau membuat konten baik tulisan atau video.
  • Memahami jenis usaha yang dilakukan sejak awal. Anda harus bisa mendeskripsikannya dengan baik mulai dari lokasi sampai kemungkinan hambatan yang akan terjadi.
  • Selalu melakukan evaluasi pada produk dan SDM pada jangka waktu tertentu. Evaluasi di lakukan untuk meminimalkan kesalahan yang lebih parah.
  • Melakukan analisis produk dan persaingan dagang yang akan terjadi. Analisis dibutuhkan untuk menentukan aneka strategi baik dalam membuat produk sampai ke ranah promosi.
  • Selalu melakukan pengecekan pada laporan keuangan. Kalau belum ada orang yang bekerja sebagai akuntan, bisa menggunakan aplikasi akuntansi agar proses pencatatan berjalan dengan baik.

 

Demikianlah penjelasan mengenai √ Manajemen Bisnis : Pengertian, Komponen, Fungsi, Manfaat, Unsur & Contohnya Terlengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat para pembaca menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang efektif. Sekian dan terima kasih.

 

Baca Juga Artikel :