Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli

Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli

Bimbel.Co.Id – Salam sejahtera bagi teman – teman online yang terkasih, kembali lagi di dalam web Bimbel.Co.Id yang akan membahas tentang Kalimat.

Oke, mari kita simak penjelasannya secara terperinci di bawah ini.


Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli


Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli


1. Slamet Muljana (1969)

Kalimat merupakan satu dari keseluruhan dalam pemakaian kata yang berlagu, yang dapat dirangkai menurut sistem bahasa yang bersangkutan sehingga memungkinkan yang dapat dipakai hanya satu kata dan kemungkinan juga bisa jadi lebih.


2. Kridalaksana (2001:92)

Kalimat adalah sebagai satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final, dan secara aktual maupun potensial terdiri dari klausa; klausa bebas yang menjadi bagian kognitif percakapan; satuan proposisi yang merupakan gabungan klausa atau merupakan satu klausa, yang membentuk satuan bebas; jawaban minimal, seruan, salam, dan sebagainya.


3. Keraf (1984:156)

Kalimat merupakan suatu bagian dari ujaran yang pernah didahului dan dapat diikuti oleh kesenyapan, sedangkan intonasinya dapat menunjukkan bagian ujaran itu sudah dikatakan secara lengkap.


4. Dardjowidojo (1988: 254)

Kalimat merupakan bagian terkecil dari suatu ujaran atau teks (wacana) yang mengungkapkan pemikiran yang lengkap secara ketatabahasaan.


5. Merriam

Kalimat adalah sebuah kata, klausa, atau frasa atau sekelompok klausa atau frasa yang membentuk unit sintaksis yang mengungkapkan pernyataan, pertanyaan, perintah, keinginan, seruan, atau kinerja tindakan, yang dalam tulisan biasanya dimulai dengan modal surat dan diakhiri dengan tanda baca akhir yang tepat, dan bahwa dalam berbicara dibedakan oleh pola karakteristik stres, pitch, dan jeda.

Baca Juga :  Teks Ulasan

6. Sutan Takdir Alisyahbana

Kalimat adalah satuan terkecil dari resepsi lengkap.


7. Oxford

Kalimat adalah Seperangkat kata yang lengkap dengan sendirinya, biasanya berisi subjek dan predikat, menyampaikan pernyataan, pertanyaan, seru, atau perintah, dan terdiri dari klausa utama dan kadang-kadang satu atau lebih klausa subordinat.


8. Alwi dkk (2000:311)

Kalimat adalah dalam wujud tulisan, kalimat diucapkan dalam suara naik-turun dan keras-lembut disela jeda, diakhiri intonasi akhir yang diikuti oleh kesenyapan yang mencegah terjadinya perpaduan, baik asimilasi bunyi maupun proses fonologis lainnya”.


Demikianlah penjelasan mengenai √ Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli . Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat para pembaca menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang efektif. Sekian dan terima kasih.


Baca Juga Artikel :